Training Effective Report Writing

Training Effective Report Writing

Training Effective Report Writing mempelajari bagaimana komunikasi non verbal, proses komunikasi efektif, prosedur, aliran, bagaimana komunikasi terkait laporan bisnis, bagaimana memahami khalayak pembaca, fokus masalah, bagaimana menetapkan fokus tulisan, teknik pengemasan pesan dan hal – hal lain terkait Effective Report Writing.

Deskripsi

Sebagai pekerja profesional, sudah selayaknya seseorang memiliki keterampilan berkomunikasi, tidak hanya kemampuan berkomunikasi secara lisan, tetapi juga mampu berkomunikasi melalui tulisan. Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki tersebut adalah kemampuan menulis laporan. (Effective Report Writing)

Meski menulis laporan kerap dianggap pekerjaan mudah, namun masih ada dijumpai rancangan laporan  yang baik dari segi isi maupun susunannya, tidak mengikuti pola yang standar, seperti substansi Laporan yang tidak berdasarkan data & fakta yang akurat, relevan, lengkap, bisa dipercaya. (Effective Report Writing)

Kedua, laporan tidak menggunakan istilah, ungkapan,  bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (YED) sehingga Laporan tersebut tidak mudah dibaca, dipahami, atau tidak menggunakan ungkapan / idiom bahasa Inggeris yang benar (jika Laporan dibuat dalam bahasa Inggris). (Effective Report Writing)

Persoalan lain, susunan Laporan yang tidak sistematis atau memasukkan data apa adanya tanpa  diikuti oleh proses analisa data, proses pengambilan kesimpulan (seperi menganalisa penyebab timbulnya deviasi atau gap antara Rencana, Realisasi), termasuk tidak memberikan Rekomendasi jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

Beberapa persoalan ini, jika tidak diatasi dengan baik, maka akan mengganggu keefektifan dalam presentasi laporan. Mengingat bahwa penulisan laporan mempunyai andil yang penting dalam efektif atau tidaknya laporan yang disajikan, maka dengan mengikuti pelatihan Effective Report Writing peserta diharapkan mampu untuk memahami teknik penulisan laporan serta mampu menyiapkan laporan bisnis yang dibutuhkan dalam kegiatan kerja perusahaannya. (Effective Report Writing)

Tujuan Pelatihan

Setelah mengikuti Training Effective Report Writing, peserta diharapkan :

  • Memiliki pemahaman tentang pengertian dari “Effective Laporan” serta jenis-jenis Laporan  menurut Latar Belakang & Sasarannya
  • Memiliki pemahaman tentang syarat data & fakta yang digunakan dalam sebuah Laporan, serta keterampilan tentang tehnik pengumpulan, pengolahan, serta analisa data, yang digunakan sebagai dasar dalam membuat kesimpulan, rekomendasi jalan keluar masalah (jika ada gap antara “Target & Actual”). 
  • Memiliki keterampilan tentang cara menyusun format atau  lay out  Laporan,  dengan bahasa, ungkapan yang baik dan benar (baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggeris),  yang menarik, mudah dibaca dan dipahami, baik dalam bentuk Reading Material (berupa proposal yang dikirim kepada atasan untuk dibaca), maupun dalam bentuk Presentation Material (yang dipresentasikan di depan atasan), guna memeroleh persetujuan.

Metode Pelatihan

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Praktik
  • Studi kasus

Persyaratan Peserta

Peserta di WAJIBKAN membawa LAPTOP

Outline Materi

Materi Training Effective Report Writing yang akan dibahas adalah

  1. Komunikasi Non Verbal,  proses komunikasi efektif
  2. Prosedur,  Aliran Komunikasi terkait laporan bisnis
  3. Memahami khalayak pembaca,  fokus masalah
  4. Menetapkan fokus tulisan,  teknik pengemasan pesan
  5. Kemampuan dasar menulis, pengembangan ide,  proses editing tulisan
  6. Konseptual Effective Laporan
    • Hakekat Laporan
    • Substansi
    • Jenis,  Format laporan
    • Aspek-aspek sebuah laporan
  7. Memahami Fakta, Data, Informasi,  Opini
  8. Cara memperoleh Data (Fact Finding), penyaringan data
  9. Memilih tipe laporan yang sesuai
  10. Teknik penyajian laporan (pemilihan kata, grafik, font, warna, dll)
  11. Memahami syarat Data sebagai dasar  membuat kesimpulan, penulisannya
  12. Proses membuat Rekomendasi kepada atasan sebagai proposal solusi masalah
  13. Mencari penyebab (gap) dan menemukan jalan keluar 
  14. Presentasi laporan 

Testimoni

“Cukup baik”
“Sudah cukup baik penyampaiannya, sesuai kebutuhan kami”

Facilitator

Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom

Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom, memiliki pengalaman lebih dari lima tahun dalam bidang Komunikasi Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/CSR. Sebelumnya aktif sebagai praktisi CSR di PT Newmont Nusa Tenggara (2009), Bank Muamalat (2012), dan Sinarmas Pulp & Paper (2014). Selain itu, ia aktif sebagai staf ahli di PT Cinggarindo Galba (Konsultan Komunikasi dan CSR) dan Dosen di program studi Ilmu Komunikasi, Universitas Paramadina. Publikasi buku yang pernah ia tulis antara lain; Driver for Integrated Marketing Communication/IMC (2012), CSR Communication for PR Practitioners (2013), Cyber CSR (2014) dan Periklanan Korporat (2015).